1. Definisi
- "ART Harian" adalah layanan dukungan rumah tangga yang disediakan oleh Mitra OKHome dengan Durasi minimal 2 jam, sesuai dengan Pesanan dan pembayaran yang dilakukan oleh Pelanggan.
- "Deep Cleaning" adalah layanan kebersihan yang meliputi pembersihan pada bagian-bagian umum atau permukaan atau yang terlihat dari suatu objek layanan rumah/gedung (general cleaning) hingga bagian-bagian spesifik pada suatu objek layanan rumah/gedung termasuk pada objek layanan benda (deep cleaning).
- "Cleaning Tiket" adalah kupon, voucher, atau surat keterangan yang diterbitkan oleh OKHome kepada Pengguna yang membeli fitur Cleaning Ticket, yang dapat ditukarkan dengan layanan tertentu sesuai dengan S&K Layanan ini.
- "Hari Kalender" adalah setiap hari dalam satu tahun kalender, termasuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.
- "Hari Kerja" adalah Senin sampai dengan Jumat, tidak termasuk hari libur nasional dan/atau hari libur yang secara resmi ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia
- "Perawatan AC" adalah layanan pemeliharaan dan pembersihan unit pendingin udara/Air Conditioner (AC) yang dilakukan oleh Mitra OKHome, mencakup pengecekan, pencucian, dan/atau penanganan lainnya pada unit indoor dan outdoor, sesuai dengan jenis layanan yang dipesan dan dibayarkan oleh Pelanggan.
- "Subscription" adalah layanan kebersihan berjadwal yang dapat dipesan secara berkala oleh Pelanggan, terdiri dari dua jenis sub-layanan, yaitu layanan Subscription Deep Cleaning dan layanan Subscription ART Harian, tergantung pada pilihan layanan Subscription yang dipilih oleh Pelanggan.
2. Deep Cleaning
2.1. Deep Cleaning tersedia atas 3 (tiga) bentuk layanan:
2.1.1. Deep Cleaning Per Jam, meliputi: (i) Layanan kebersihan berbasis waktu (per jam) dengan minimal Durasi 2 jam untuk setiap pemesanan; (ii) Pelanggan memilih jumlah Mitra dan durasi layanan; (iii) Pelanggan bertanggung jawab untuk menentukan secara mandiri kebutuhan jumlah Mitra dan durasi layanan yang akan dipesan; (iv) OKHome tidak bertanggung jawab jika hasil tidak sesuai yang dikarenakan kekurangan atas jumlah Mitra atau Durasi layanan yang telah dipesan oleh Pelanggan; dan (v) Pelanggan yang melakukan pemesanan layanan untuk lokasi di apartemen, wajib mengurus akses masuk dan menjemput Mitra dalam waktu maksimal 15 menit. Jika melebihi, layanan dianggap dimulai.
2.1.2. Deep Cleaning Satu Rumah, meliputi: (i) Layanan kebersihan untuk seluruh rumah, hunian atau gedung; (ii) Durasi dan jumlah Mitra disesuaikan dengan luas dan jenis bangunan; dan (iii) Dalam kondisi tertentu untuk melakukan pemesanan atas layanan diperlukan proses survei terlebih dahulu (mengacu pada Kebijakan Survei OKHome).
2.1.3. Deep Cleaning Pasca Renovasi, meliputi: (i) Layanan untuk rumah, hunian atau gedung yang telah selesai direnovasi dan akan ditempati; (ii) Membutuhkan metode pembersihan lebih mendalam dan intensif; (iii) Durasi dan jumlah Mitra ditentukan oleh OKHome berdasarkan kondisi bangunan hunian atau gedung termasuk namun tidak terbatas pada luas dan jenis bangunan; dan (iv) Dalam kondisi tertentu untuk melakukan pemesanan atas layanan diperlukan proses survei terlebih dahulu (mengacu pada Kebijakan Survei OKHome)
2.2. Dalam memberikan layanan, OKHome akan menyediakan alat-alat pembersihan dasar yang seperti: handuk, kain pel mop, sikat lantai, kabel ekstensi, kuas, alat pembersih kaca, scraper, obeng, sikat panjang, bahan kimia pembersih dan/atau sikat gigi, sebagaimana ditentukan oleh OKHome. Di luar alat-alat pembersihan tersebut, Pelanggan wajib menyediakan alat pembersih tambahan yang diperlukan untuk pelaksanaan layanan, termasuk namun tidak terbatas pada ember, tangga, dan alat lainnya yang tidak disediakan oleh OKHome. Apabila Pelanggan memberikan instruksi spesifik kepada Mitra yang membutuhkan alat pembersih tertentu untuk melaksanakan instruksi tersebut, maka Pelanggan memahami dan menyetujui bahwa penyediaan alat tersebut menjadi tanggung jawab Pelanggan.
2.3. Pelanggan dapat melakukan pemesanan layanan dengan menggunakan Cleaning Ticket, dengan ketentuan sebagai berikut:
2.3.1. Cleaning Ticket dapat dibeli melalui halaman pemesanan atau pembayaran Layanan Deep Cleaning.
2.3.2. Cleaning Ticket tidak dapat digabungkan dengan promo atau diskon lainnya.
2.3.3. Tiket akan terdaftar pada alamat, kontak, dan detail Pesanan saat pembelian, dan tidak dapat diubah hingga digunakan.
2.3.4. Cleaning Ticket berlaku selama 1 (satu) tahun sejak tanggal pembelian.
2.3.5. Cleaning Ticket tidak dapat dibatalkan atau diuangkan dalam kondisi apa pun.
3. ART Harian
3.1. Layanan ART Harian, mencakup kegiatan pembersihan umum pada objek layanan.
3.2. Pelanggan dapat melakukan pemesanan layanan tambahan seperti Vakum UV, Pembersihan Extra Kerak/Jamur, dan Pest Control dengan biaya tambahan yang ditetapkan oleh OKHome.
3.3. Pelanggan wajib menginformasikan jenis layanan yang dibutuhkan saat pemesanan. Jika tidak, OKHome tidak bertanggung jawab apabila Mitra tidak dapat mengakomodasi permintaan Pelanggan.
3.4. Dalam pelaksanaan pemberian layanan ART Harian oleh Mitra, Pelanggan wajib menyediakan alat pembersih, termasuk namun tidak terbatas pada: penyedot debu, kain lap, spons, sikat (lantai & toilet), deterjen, pel, dan ember. Jika alat tidak tersedia sebagian, OKHome tidak bertanggung jawab atas keterbatasan layanan. Jika alat tidak tersedia seluruhnya dan layanan tidak dapat diberikan, maka dianggap sebagai pembatalan oleh Pelanggan dengan mengacu pada butir 8.2. 2. 4 S&K Layanan ini. Segala kerusakan atas alat atau bahan milik Pelanggan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pelanggan, dan Pelanggan membebaskan OKHome serta Mitra dari klaim atau ganti rugi, kecuali jika terbukti akibat kelalaian OKHome atau Mitra, serta bukan karena pemakaian wajar, usia barang, atau instruksi dari Pelanggan.
3.5. Jika Pelanggan tidak menyampaikan jenis layanan yang diinginkan saat pemesanan, OKHome tidak bertanggung jawab jika layanan tersebut tidak dapat disediakan.
4. Perawatan AC
4.1. Pembersihan dan Perawatan AC
4.1. 1. Layanan Pembersihan dan Perawatan AC meliputi layanan-layanan sebagai berikut:
4.1. 1.1. Pembersihan AC (AC Cleaning); Layanan yang bertujuan untuk membersihkan AC Pelanggan menggunakan alat-alat dan peralatan-peralatan pembersih khusus AC milik OKHome.
4.1. 1.2. Pengisian ulang Freon (Add Freon); Layanan yang ditujukkan untuk mengganti freon pada AC Pelanggan. Biaya Layanan ini sendiri sudah termasuk freon dan biaya penggantian dari Kami.
4.1. 1.3. Pengecekan Pendingin Ruangan (Survey); Layanan yang ditunjukkan untuk melakukan pengecekan atas AC Pelanggan untuk menemukan masalah serta sumber dari masalah yang Pelanggan alami. Sumber masalah dapat Kami bagi menjadi 3 (tiga) yaitu: AC yang tidak dingin, bocor, dan/atau mengeluarkan bunyi bising. Atas hasil survei, Kami dapat memberikan tindakan tanpa atau dengan biaya tambahan, sesuai dengan hasil temuan Kami atas survei. Apabila tindakan memerlukan tambahan biaya, maka Pelanggan harus melakukan pembayaran terlebih dahulu melalui metode pembayaran yang Kami sediakan sesuai dengan arahan customer service Kami. sebelum kami dapat memulai memberikan tindakan lebih lanjut.
4.1. 2. Bagi Pelanggan yang melakukan pemesanan layanan untuk lokasi di apartemen atau melakukan pemesanan untuk lokasi rumah tapak, namun ternyata apartemen akan dikenakan biaya administrasi apartment sebesar Rp25. 000 untuk biaya masuk, parkir, atau persyaratan administrasi lainnya.
4.1. 3. Jika layanan yang dipilih tidak sesuai dengan tindakan aktual yang diperlukan, Pelanggan berhak atas penyesuaian harga atau pengembalian dana (dikurangi Biaya Tambahan dan/atau biaya administrasi apartemen)
4.2. Periode Re-visit
4.2. 1. Jika permasalahan AC belum terselesaikan setelah layanan diberikan, Pelanggan wajib melakukan pemberitahuan kepada kami dalam waktu maksimal 1x24 jam setelah teknisi meninggalkan lokasi ("Periode Revisit").
4.2. 2. Dalam hal terdapat kondisi sebagaimana tercantum pada butir 4. 1, OKHome akan mengupayakan kunjungan ulang (re-visit) untuk memastikan permasalahan terselesaikan.
4.2. 3. Jika pemberitahuan disampaikan setelah Periode Revisit, OKHome tidak berkewajiban melakukan re-visit dan hasil layanan dianggap telah diterima dengan baik.
4.2. 4. Jika saat re-visit ditemukan masalah baru di luar cakupan layanan sebelumnya, OKHome dapat menawarkan perluasan layanan, dengan atau tanpa biaya tambahan, sesuai kebijakan garansi yang berlaku.
4.3. Garansi Layanan Perawatan AC
4.3. 1. Pelanggan berhak atas garansi layanan berupa perbaikan atau penuntasan ulang, dengan ketentuan sebagai berikut:
4.3. 1.1. AC Cleaning: garansi 7 hari setelah layanan untuk keluhan kebocoran, bau tak sedap, atau suara bising.
4.3. 1.2. Pengisian Freon & Penggantian Suku Cadang: garansi 7 hari setelah layanan.
4.3. 1.3. Instalasi baru atau relokasi unit AC: garansi 14 hari setelah layanan untuk keluhan AC tidak dingin dan/atau bocor.
4.3. 2. Garansi hanya berlaku apabila komplain disampaikan dalam masa garansi sesuai jenis layanan sebagaimana tercantum pada butir 4.3. 1.
5. Subscription
5.1. Layanan Subscription yang tersedia dan ditawarkan melalui Platform terbagi ke dalam beberapa kelas layanan yang adalah sebagai berikut:
5.1. 1. Langganan kelas "Bronze": dengan keuntungan 1 kali layanan per minggu dengan Durasi selama 3 jam;
5.1. 2. Langganan kelas "Silver": dengan keuntungan 2 kali layanan per minggu dengan Durasi selama 3 jam;
5.1. 3. Langganan kelas "Gold": dengan keuntungan 3 kali layanan per minggu dengan Durasi selama 3 jam;
5.1. 4. Langganan Kelas "Platinum": dengan keuntungan 3 kali Layanan per minggu dengan Durasi selama 3,5 jam dan mendapatkan tambahan 4 kali deep cleaning serta jaminan mendapatkan Mitra dengan tingkat penilaian 4. 9 atau lebih.
5.2. Layanan Subscription terbagi kedalam beberapa jenis layanan yang adalah sebagai berikut:
5.2. 1. Subscription Cleaning;
5.2. 2. Subscription ART.
5.3. Harga dan kelas layanan Subscription Deep Cleaning termasuk manfaat dan keuntungannya untuk setiap kelas langganan sebagaimana tercantum pada butir 1 akan ditentukan sesuai dengan harga dan kelas yang ditawarkan pada Platform, dan dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pelanggan yang memakai layanan Subscription yang bersangkutan.
5.4. Jadwal atas layanan Subscription Deep Cleaning dapat dipesan oleh Pelanggan dengan ketentuan waktu operasional yang ditetapkan OKHome: (i) untuk kelas "Bronze" dan "Silver": Mitra dapat dijadwalkan untuk memberikan layanan dalam rentang mulai dari pukul 09. 00 dan untuk menyelesaikan layanan hingga pukul 23. 00; dan/atau (ii) untuk kelas "Gold" dan "Platinum": Mitra dapat dijadwalkan untuk memberikan Layanan dalam rentang mulai dari pukul 08. 00 dan untuk menyelesaikan layanan hingga pukul 24. 00.
5.5. Layanan Subscription ART Harian dapat dipesan oleh Pelanggan melalui Platform dengan memilih Durasi, jadwal, dan spesifikasi layanan lainnya yang tersedia. Harga layanan akan secara otomatis disesuaikan berdasarkan pilihan Durasi, jadwal, dan spesifikasi tambahan yang dipilih oleh Pelanggan sebagaimana tercantum dan tersaji pada Platform. Setiap perubahan terhadap elemen-elemen tersebut dapat mempengaruhi total biaya layanan yang ditampilkan dan dibebankan kepada Pelanggan.
5.6. Pembayaran untuk layanan Subscription hanya dapat dilakukan melalui metode pembayaran kartu kredit.
5.7. Saat Pelanggan membeli layanan Subscription pertama kali, layanan akan diperpanjang otomatis setiap bulan kecuali Pelanggan membatalkannya sebelum masa aktif berakhir, dengan ketentuan sebagai berikut: (i) OKHome akan memberi pemberitahuan maksimal 3x24 jam sebelum langganan Pelanggan berakhir; (ii) Pembatalan langganan dapat dilakukan melalui tombol di Platform atau dengan menghubungi customer service paling lambat 1x24 jam sebelum masa aktif berakhir; dan/atau (iii) Jika tidak dibatalkan tepat waktu, Pelanggan dianggap setuju untuk melanjutkan langganan dan pembayaran akan ditagihkan secara otomatis.
5.8. OKHome dapat mengenakan Biaya Tambahan, yang akan berlaku mulai periode perpanjangan berikutnya. Perubahan atau penambahan Biaya Tambahan akan diberitahukan terlebih dahulu melalui email, telepon, atau media resmi lainnya milik Pelanggan yang terdaftar pada Platform.
5.9. Langganan yang sudah diperpanjang dan telah digunakan (layanan pertama dijalankan) tidak dapat dibatalkan kecuali syarat dan prosedur yang ditentukan pada S&K Umum atau S&K Layanan ini, dan dengan konfirmasi dan arahan dari customer service OKHome.
5.10. Apabila layanan Subscription telah dibeli atau diperpanjang dan pembayaran telah dilaksanakan, maka pengembalian dana hanya dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan sebagaimana tercantum pada butir 8 S&K Layanan ini.
5.11. Pembatalan atas layanan Subscription yang telah dibayarkan adalah dapat dilakukan untuk setiap jadwal yang disepakati, sepanjang sesuai dengan ketentuan sebagaimana tercantum pada butir 8 S&K Layanan ini.
5.12. OKHome berhak untuk sewaktu-waktu memberhentikan layanan Subscription sebelum berakhirnya masa berlaku layanan Subscription dalam hal OKHome dan/atau Mitra mengalami atau menurut penilaiannya akan atau dapat mengalami hal-hal yang mengganggu keselamatan, kesehatan, dan/atau operasional OKHome dan/atau Mitra apabila tetap meneruskan layanan Subscription sebagaimana dimaksud atau atas dasar alasan operasional lainnya. Dalam hal OKHome mengakhiri layanan Subscription sebelum masa berlaku layanan Subscription berakhir, maka Pelanggan berhak untuk mendapatkan pengembalian dana secara pro-rata terhadap layanan Subscription yang belum diberikan, dengan tetap memperhatikan ketentuan sebagaimana tercantum pada butir 8 S&K Layanan ini.
6. Ketentuan Umum Pemesanan Layanan
6.1. Pelanggan dapat melakukan pemesanan layanan melalui Platform OKHome dengan memilih jenis layanan, mengisi informasi yang diperlukan, dan melakukan pembayaran sesuai metode yang tersedia.
6.2. Layanan hanya dianggap sah setelah pembayaran selesai dilakukan oleh Pelanggan.
6.3. Saat melakukan pemesanan, Pelanggan wajib mencantumkan: (i) alamat; (ii) luas dan jenis bangunan (rumah tapak atau rumah susun); (iii) Jadwal layanan yang diinginkan; dan (iv) Informasi tambahan sesuai kebutuhan layanan (instruksi khusus, risiko, dan sebagainya).
6.4. Penunjukan Mitra ditentukan sepenuhnya oleh OKHome.
6.5. OKHome berhak untuk memberikan informasi Pelanggan kepada Mitra untuk keperluan pelaksanaan layanan
6.6. Pelanggan wajib untuk mengisi rincian lokasi yang dipilih melalui peta dan kolom keterangan pada Platform, meliputi: (i) Pelanggan wajib memberikan informasi lokasi yang akurat akurat dan memiliki izin untuk dilakukan layanan; dan (ii) OKHome tidak bertanggung jawab atas kegagalan layanan akibat informasi lokasi yang salah atau tidak sah.
6.7. Jika Pelanggan atau perwakilannya tidak berada di lokasi saat Tanggal Layanan, maka Mitra hanya akan menunggu sesuai dengan Waktu Tunggu.
6.8. Tanggal Layanan tidak dapat diubah atau dibatalkan kecuali memenuhi ketentuan sebagaimana diatur pada butir 8 S&K Layanan ini.
6.9. Dalam pelaksanaan layanan, Mitra mungkin akan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi penyediaan layanan. Oleh karena itu, Pelanggan wajib menyediakan area parkir yang layak dan aman bagi kendaraan Mitra selama proses penyediaan layanan berlangsung. Area parkir tersebut harus memiliki tingkat keamanan yang memadai untuk mencegah kehilangan atau kerusakan kendaraan dan/atau barang milik Mitra. Apabila tidak tersedia area parkir yang aman, maka segala risiko atas kehilangan atau kerusakan kendaraan menjadi tanggung jawab Pelanggan.
7. Ketentuan Umum Penyelesaian Layanan
Pada akhir pemberian layanan Pelanggan disarankan untuk melakukan proses pemeriksaan dan konfirmasi hasil layanan sebagai berikut:
7.1. Pelanggan berhak untuk melakukan pemeriksaan terhadap Mitra dan peralatan yang dibawanya guna memastikan bahwa tidak ada benda bergerak milik Pelanggan yang terbawa atau kebawa secara tidak sengaja.
7.2. Mitra telah diberikan instruksi dan persetujuan untuk memberikan izin dilakukannya pemeriksaan apabila diminta oleh Pelanggan.
7.3. Pelanggan disarankan untuk secara menyeluruh memeriksa hasil dari layanan yang telah diberikan pada lokasi, guna memastikan bahwa: (i) Layanan dilakukan sesuai dengan permintaan dan/atau instruksi yang telah disampaikan sebelumnya; dan (ii) Tidak terdapat kelalaian, kerusakan, kehilangan dan/atau tindakan yang tidak sesuai dengan ruang lingkup layanan.
7.4. Setelah pemeriksaan selesai dilakukan dan Pelanggan tidak memiliki keberatan atas hasil layanan, Pelanggan wajib untuk memberikan konfirmasi dengan melakukan tanda tangan digital pada Platform yang tersedia dalam akun Mitra atau konfirmasi melalui media komunikasi, seperti: WhatsApp dalam hal Pelanggan dan/atau perwakilannya tidak terdapat pada lokasi layanan.
7.5. Dengan diberikannya konfirmasi oleh Pelanggan, maka: (i) Layanan dianggap telah selesai dan diterima dengan baik; dan (ii) Pelanggan melepaskan hak untuk mengajukan tuntutan atau klaim lebih lanjut atas kehilangan atau kerusakan, kecuali sesuai dengan ketentuan dan prosedur klaim sebagaimana tercantum pada butir 9 S&K Layanan ini.
7.6. Jika setelah layanan selesai ditemukan kerusakan pada benda bergerak, Pelanggan dapat melakukan pemberitahuan dengan ketentuan sebagai berikut: (i) melakukan pemberitahuan kepada OKHome melalui customer service paling lambat 1 x 24 jam sejak layanan selesai diberikan; dan (ii) OKHome akan menangani klaim sesuai dengan sebagaimana tercantum pada butir 9 S&K Layanan ini.
7.7. Setiap keluhan atau klaim yang diajukan setelah melewati batas waktu 1x24 jam, atau setelah Pelanggan memberikan konfirmasi akhir terhadap layanan, tidak dapat diproses, kecuali ditentukan lain dalam kebijakan internal OKHome.
8. Perubahan Jadwal, Pembatalan dan Pengembalian Dana
8.1. Perubahan Jadwal
8.1. 1. Deep Cleaning dan Subscription
8.1. 1.1. Pelanggan dapat melakukan perubahan jadwal layanan Deep Cleaning maksimal sebanyak 3 (tiga) kali per order dengan rincian: (i) Perubahan jadwal yang dilakukan lebih dari 24 jam sebelum waktu layanan tidak dikenakan biaya; (ii) Perubahan jadwal dilakukan dalam waktu dibawah 24 jam hingga 2,5 jam, akan dikenakan biaya sebesar 15% dari harga awal (biaya bruto sebelum diskon, jika ada); dan (iii) Perubahan jadwal dilakukan dibawah 2,5 jam sebelum waktu layanan akan dikenakan biaya sebesar 30% dari harga awal (biaya bruto sebelum diskon, jika ada).
8.1. 1.2. Ketentuan biaya sebagaimana tercantum pada butir 8.1.1.1 tidak berlaku bagi pelanggan layanan langganan yang merupakan pelanggan baru yang belum memiliki satu Pesanan selesai atas layanan yang tersedia.
8.1. 1.3. Perubahan jadwal yang diajukan kurang dari 2,5 jam sebelum waktu layanan hanya dapat dijadwalkan ulang ke hari berikutnya.
8.1. 1.4. Biaya atas perubahan jadwal wajib dibayarkan dalam waktu 1 (satu) jam setelah konfirmasi, dengan ketentuan jumlah biaya yang akan ditetapkan oleh OKHome maksimal sebesar Rp300.000.
8.1. 1.5. Layanan yang telah dipesan namun belum diterima oleh Pelanggan karena alasan apapun hanya dapat digunakan atau diklaim paling lambat sebelum tanggal kadaluarsa Pesanan, yaitu: (i) maksimal 30 Hari Kalender sejak tanggal pembelian untuk layanan Pembersihan Deep Cleaning; dan/atau (ii) 1 tahun sejak tanggal pembelian untuk layanan Pembersihan Subscription dan Cleaning Ticket.
8.1. 1.6. Jika perubahan jadwal bertujuan untuk memajukan waktu layanan, maka perubahan tersebut hanya dapat dilakukan maksimal hingga 1 (satu) hari ke depan dari jadwal awal yang disepakati. Dalam hal ini, OKHome memiliki hak penuh dalam menentukan Mitra yang akan ditugaskan berdasarkan ketersediaan dan pertimbangan operasional (berlaku terhadap seluruh kelas Layanan Deep Cleaning dan Langganan Cleaning Ticket).
8.1. 1.7. Dalam hal Mitra dari OKHome yang melakukan perubahan jadwal, maka Pelanggan akan mendapatkan benefit dengan rincian (i) Untuk perubahan jadwal pertama, Pelanggan tidak dibebankan biaya perubahan jadwal, dan mendapatkan kompensasi yang wajar dan ditentukan oleh OKHome; (ii) untuk perubahan jadwal kedua pada pemesanan yang sama, Pelanggan hanya dibebaskan dari ketentuan biaya atas perubahan jadwal.
8.1. 1.8. Permintaan atas perubahan jadwal yang dilakukan oleh Pelanggan akan disetujui melalui customer service OKHome apabila telah memenuhi persyaratan sebagaimana ditentukan S&K Layanan ini.
8.1. 1.9. Apabila dalam hal terdapat pengenaan biaya tambahan atas perubahan jadwal tersebut, maka hal tersebut akan diberitahukan kepada Pelanggan melalui customer service OKHome.
8.1. 2. ART Harian
8.1. 2.1. Kecuali ditentukan sebaliknya dalam bagian ini, setiap permintaan perubahan jadwal yang diajukan oleh Pelanggan akan mengikuti ketentuan sebagaimana tercantum pada butir 8.1.1.
8.1. 2.2. Pelanggan hanya dapat melakukan perubahan jadwal maksimal 1 (satu) kali untuk setiap Pesanan. Apabila permintaan perubahan diajukan dalam rentang waktu dibawah 24 jam hingga diatas 2,5 jam sebelum waktu layanan yang telah dijadwalkan, maka akan dikenakan biaya sebesar 20% dari harga awal (biaya bruto sebelum diskon, apabila ada).
8.1. 2.3. Layanan yang telah dipesan namun belum diterima oleh Pelanggan karena alasan apapun hanya dapat digunakan atau diklaim paling lambat sebelum tanggal kadaluarsa Pesanan maksimal 30 Hari Kalender sejak tanggal pembelian untuk layanan ART Harian.
8.1. 2.4. Dalam hal Mitra dari OKHome yang melakukan perubahan jadwal, maka Pelanggan akan mendapatkan benefit dengan rincian (i) Untuk perubahan jadwal pertama, Pelanggan tidak dibebankan biaya perubahan jadwal, dan mendapatkan kompensasi yang wajar dan ditentukan oleh OKHome; (ii) untuk perubahan jadwal kedua pada pemesanan yang sama, Pelanggan hanya dibebaskan dari ketentuan biaya atas perubahan jadwal.
8.1. 3. Perawatan AC
8.1. 3.1. Pelanggan dapat melakukan perubahan jadwal layanan tanpa dikenakan biaya sebanyak maksimal 3 (tiga) kali per Pesanan, dengan ketentuan bahwa perubahan tersebut hanya dapat dilakukan hingga 1 (satu) hari sebelum jadwal awal layanan, hingga pukul 17.00 WIB.
8.1. 3.2. Apabila permintaan perubahan diajukan setelah melewati ketentuan pada butir 8.1.3.1 di atas, maka akan dikenakan biaya Rp50.000, pajak pertambahan nilai (PPN), dan biaya layanan.
8.2. Pembatalan
Pelanggan dapat menerima pengembalian dana sebagian atau seluruhnya, atau dikenakan beban pembatalan, sesuai S&K Layanan ini. Jika pembatalan dilakukan oleh Pelanggan, beban pembatalan akan dipotong dari jumlah yang dikembalikan. Pengembalian dana penuh (100%) hanya berlaku jika layanan tidak tersedia, berada di luar jangkauan, atau terjadi kondisi force majeure atau keadaan kahar sebagaimana tercantum pada S&K Umum yang wajib disampaikan paling lambat 1 x 24 jam setelah jadwal layanan selesai. Namun, apabila kondisi force majeure atau keadaan kahar terjadi pada saat layanan dimulai dan/atau ditengah layanan, maka pengembalian dana akan mengacu dengan skema prorata. Selain itu, beban pembatalan akan dikenakan sesuai ketentuan yang berlaku berdasarkan jenis layanan:
8.2. 1. Deep Cleaning dan Langganan
8.2. 1.1. Untuk pembatalan yang dilakukan oleh Pelanggan, maka ketentuan pengembalian dana adalah sebagai berikut: (i) Pembatalan dilakukan 2 (dua) hari atau lebih sebelum jadwal layanan: pengembalian dana 100% dari harga yang telah disepakati dan dibayar oleh Pelanggan setelah dipotong diskon/kupon, Biaya Tambahan atau promosi pengurangan harga yang diterapkan pada pembayaran ("Nilai Pembayaran"); (ii) Pembatalan dilakukan sebelum pukul 16:30 pada H-1 (hari sebelum layanan): pengembalian dana 85% dari Nilai Pembayaran; (iii) Pembatalan dilakukan setelah pukul 16:30 pada H-1 hingga 2,5 jam sebelum jadwal layanan: pengembalian dana 60% dari Nilai Pembayaran; (iv) Pembatalan dilakukan kurang dari 2,5 jam sebelum jadwal layanan: pengembalian dana 35% dari Nilai Pembayaran; atau (v) Pembatalan dilakukan pada saat layanan seharusnya dimulai: pengembalian dana sebesar 25% dari Nilai Pembayaran diberikan dalam bentuk voucher.
8.2. 1.2. Dalam hal tidak ada konfirmasi dari Pelanggan pada saat Mitra tiba di lokasi layanan, Mitra akan menunggu hingga maksimal sampai dengan berakhirnya Durasi layanan ("Waktu Tunggu"). Apabila dalam jangka Waktu Tunggu Mitra mendapatkan paksaan dari Pelanggan untuk meninggalkan lokasi layanan atau sampai dengan jangka Waktu Tunggu berakhir tidak ada tanggapan dari Pelanggan, maka Mitra berhak meninggalkan lokasi dan layanan dianggap dibatalkan oleh Pelanggan tanpa pengembalian dana dalam bentuk apapun.
8.2. 1.3. Pelanggan dapat meminta perpanjangan Waktu Tunggu di luar batas tersebut, dengan membayar biaya tambahan sebagaimana diatur pada butir 8.2.1.5, yang harus diajukan dibayarkan secara langsung atau melalui sistem sesuai kebijakan yang berlaku sebelum Waktu Tunggu berakhir.
8.2. 1.4. Dalam hal Mitra telah tiba di lokasi sesuai jadwal dan Pelanggan dengan kondisi sebagaimana tercantum pada butir diatas, Pelanggan dapat mengajukan perpanjangan Waktu Tunggu, selama permintaan dan pembayaran dilakukan sebelum Waktu Tunggu berakhir jadwal layanan akan diundur sesuai dengan Durasi penundaan yang telah diajukan dan dibayar. Namun, jika Pelanggan tidak mengajukan penundaan dan/atau tidak membayar biaya tunggu, maka layanan tetap dianggap dimulai sesuai jadwal awal, tanpa mengesampingkan ketentuan Waktu Tunggu.
8.2. 1.5. Sehubungan dengan butir 8.2.1.2, apabila Pelanggan menentukan untuk memulai masa layanan dilakukan setelah Waktu Tunggu berjalan, maka Pelanggan akan dikenakan sesuai dengan jumlah Waktu Tunggu Mitra, dengan rincian sebagai berikut: (i) Waktu Tunggu selama 15-30 menit akan dikenakan Rp. 25.000; (ii) Waktu Tunggu selama 30-45 menit akan dikenakan Rp. 37.500; (iii) Waktu Tunggu selama 45-60 menit akan dikenakan Rp. 50.000; (iv) Apabila telah melewati Waktu Tunggu lebih dari 60 menit, maka setiap pertambahan Waktu Tunggu kelipatan 15 menit, akan ada tambahan sebesar Rp. 12.500 diluar dari biaya Waktu Tunggu selama 60 menit.
8.2. 1.6. Untuk Layanan Deep Cleaning Per Jam yang sudah dimulai, tidak dapat dilakukan pembatalan. Jika masih terdapat sisa waktu setelah instruksi selesai dijalankan, Pelanggan tidak dapat mengubah jadwal atau meminta pengembalian dana atas sisa waktu tersebut dan disarankan memanfaatkannya sesuai cakupan layanan.
8.2. 1.7. Untuk pemesanan layanan Deep Cleaning Per Jam di hari yang sama dengan jadwal layanan, OKHome akan menginformasikan ketersediaan Mitra paling lambat 1 jam sebelum jadwal layanan dimulai. Jika Mitra tidak tersedia, Pelanggan berhak atas pengembalian penuh. Jika Pelanggan membatalkan setelah Mitra ditemukan, maka pengembalian 75% dalam bentuk voucher hanya berlaku bila pembatalan dilakukan maksimal 1 jam setelah pemberitahuan ketersediaan yang terdapat pada Platform. Apabila Pelanggan tidak memberikan konfirmasi pembatalan pada Platform dengan batas waktu tersebut, maka layanan akan tetap dijalankan dan tunduk pada butir iv, 8.2.1.3 dan 8.2.1.6 S&K Layanan ini.
8.2. 1.8. Untuk Layanan Subscription, pembatalan hanya dapat dilakukan 24 (dua puluh empat) jam sebelum jadwal pertama dimulai, dengan pengembalian sebesar 100% dari nilai pembayaran bulan berjalan.
8.2. 2. ART Harian
8.2. 2.1. Kecuali ditentukan sebaliknya dalam bagian ini, setiap permintaan pembatalan yang diajukan oleh Pelanggan akan mengikuti ketentuan sebagaimana tercantum pada butir 8.2.1.
8.2. 2.2. Segala bentuk pengembalian dana atas pembatalan sebagaimana tercantum pada butir 8.2.1 akan diberikan dalam bentuk voucher.
8.2. 2.3. Apabila terdapat pembatalan dikarenakan kesalahan OKHome atau Mitra, maka Pelanggan berhak untuk mendapatkan Pengembalian Dana 100% dalam bentuk tunai.
8.2. 2.4. Dalam pelaksanaan layanan ART Harian, Pelanggan wajib untuk menyediakan alat-alat pembersih yang akan digunakan oleh Mitra untuk memberikan layanan dan apabila pada saat jadwal layanan alat-alat tersebut tidak tersedia seluruhnya dan layanan tidak dapat diberikan, maka dianggap sebagai pembatalan oleh Pelanggan tanpa pengembalian dana dalam bentuk apapun.
8.2. 3. Perawatan AC
8.2. 3.1. Jika permintaan pembatalan dilakukan lebih dari 24 jam sebelum jadwal layanan, Pelanggan berhak menerima pengembalian dana sebesar 75% dari nilai pembayaran.
8.2. 3.2. Jika permintaan dilakukan dalam rentang waktu kurang dari 24 jam hingga 3,5 jam sebelum jadwal layanan, maka pengembalian dana yang diberikan adalah sebesar 25% dari nilai pembayaran.
8.2. 3.3. Tidak ada pengembalian dana yang diberikan untuk pembatalan yang diajukan kurang dari 3,5 jam sebelum jadwal layanan.
8.3. Pengembalian Dana
8.3. 1. Permohonan pengembalian dana harus diajukan melalui customer service OKHome sesuai pada butir 8 S&K Layanan ini. Setelah permohonan diterima, OKHome akan menginformasikan nilai pengembalian dana kepada Pelanggan melalui fitur pesan pada Platform atau aplikasi pesan singkat (termasuk namun tidak terbatas: WhatsApp) ke nomor terdaftar Pelanggan.
8.3. 2. Pelanggan wajib memberikan tanggapan, termasuk menyampaikan nomor rekening untuk proses pengembalian, dalam waktu maksimal 2x24 jam setelah konfirmasi dikirimkan. Jika tidak terdapat tanggapan dalam jangka waktu tersebut, OKHome berhak menolak atau menunda proses pengembalian dana, dan dibebaskan dari segala tuntutan, permintaan, atau ganti rugi terkait.
8.3. 3. Apabila seluruh persyaratan telah dipenuhi, pengembalian dana akan diproses paling lambat dalam 5 (lima) Hari Kerja.
9. Kehilangan dan Kerusakan
9.1. Kehilangan
9.1. 1. Dalam pelaksanaan layanan Pelanggan disarankan untuk mengambil langkah preventif dengan menyimpan barang berharga seperti uang tunai, perhiasan, dan barang bernilai lainnya di tempat aman dan tidak terlihat selama layanan berlangsung. Setelah layanan selesai, Pelanggan dapat meminta pemeriksaan barang bawaan Mitra secara langsung di lokasi. OKHome tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang pribadi setelah layanan selesai dan Mitra meninggalkan lokasi. Oleh karena itu, pemeriksaan harus dilakukan sebelum Mitra meninggalkan tempat layanan.
9.1. 2. Jika Pelanggan mencurigai tindak pencurian oleh Mitra selama layanan, silakan ajukan laporan kepada OKHome disertai bukti pendukung yang wajib disiapkan, yaitu: (i) rekaman CCTV saat kejadian, (ii) kwitansi atau bukti kepemilikan barang, dan (iii) bukti lain yang mengindikasikan keterlibatan Mitra. Tanpa dokumen tersebut, OKHome tidak dapat memproses laporan atau memberikan asistensi hukum lebih lanjut.
9.1. 3. OKHome berperan sebagai platform perantara yang mempertemukan antara Mitra dan Pelanggan. Namun, karena OKHome bukan pemberi kerja dari Mitra, tanggung jawab kami bersifat terbatas sebagaimana tercantum pada butir 9.1. 2. Dalam situasi demikian, OKHome tidak bertanggung jawab dan dibebaskan dari segala bentuk tuntutan, gugatan, maupun klaim ganti rugi atas kehilangan tersebut. OKHome hanya dapat memfasilitasi proses mediasi antara Pelanggan dan Mitra sebagai bentuk bantuan penyelesaian, tanpa kewajiban ganti rugi dalam bentuk apa pun.
9.2. Kerusakan
9.2. 1. Pelanggan memahami dan menyetujui bahwa apabila terjadi kerusakan atas barang milik Pelanggan selama pelaksanaan layanan, maka penyelesaian atas kerusakan tersebut akan mengacu sepenuhnya pada ketentuan yang tercantum dalam S&K OKProtection. Pelanggan juga dengan ini secara tegas menyatakan mengerti dan setuju untuk membebaskan serta menjaga OKHome agar tetap bebas dari segala bentuk tuntutan, gugatan, klaim, ganti rugi, sanksi, dan/atau denda yang timbul sehubungan dengan: (i) kerusakan yang tidak termasuk dalam cakupan perlindungan OKProtection, dan/atau (ii) Klaim yang diajukan oleh Pelanggan namun tidak disetujui berdasarkan ketentuan pada S&K OKProtection dan/atau Mitra Asuransi.
9.2. 2. Secara khusus, untuk layanan hydro clean atau Perawatan AC yang mungkin tidak tercakup dalam perlindungan OKProtection, OKHome memiliki kebijakan untuk memberikan kompensasi atas kerusakan terhadap barang milik Pelanggan maksimal sebesar Rp1.000. 000 (satu juta Rupiah), sepanjang dapat dibuktikan bahwa kerusakan tersebut secara langsung disebabkan oleh kelalaian Mitra dalam pelaksanaan layanan dan terjadi dalam area layanan, yaitu kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dan dapur. Kompensasi sebagaimana dimaksud tidak berlaku atas kerusakan yang timbul akibat penggunaan alat kebersihan milik Pelanggan, serta akibat tindakan yang berada di luar standar layanan dan/atau dilakukan atas permintaan dan/atau instruksi dari Pelanggan.
9.2. 3. Jika Pelanggan memilih layanan ART Harian, Pelanggan wajib untuk menyediakan alat-alat pembersihan yang akan digunakan oleh Mitra dalam melakukan pelaksanaan layanan dan atas hal tersebut maka seluruh risiko dan kerusakan yang timbul baik terhadap barang pribadi maupun alat itu sendiri menjadi tanggung jawab Pelanggan sepenuhnya. OKHome tidak bertanggung jawab atas kerusakan akibat penggunaan alat milik Pelanggan, kecuali terbukti disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian Mitra, dan bukan karena pemakaian wajar, usia barang, atau instruksi yang tidak jelas. Pelanggan wajib memberikan instruksi yang lengkap dan jelas mengenai penggunaan alat sebelum layanan dimulai.
9.2. 4. Pelanggan disarankan untuk mendokumentasikan kondisi objek layanan dalam bentuk foto dan/atau video sebelum layanan dimulai. Jika terjadi kerusakan, Pelanggan wajib melaporkan ke customer service OKHome maksimal dalam 1×24 jam setelah layanan selesai. Laporan yang melebihi batas waktu tersebut tidak akan diproses, dan OKHome dibebaskan dari segala bentuk tanggung jawab, investigasi, maupun kewajiban ganti rugi.
9.2. 5. Ganti rugi dapat diberikan dalam bentuk penggantian barang serupa atau uang tunai, sesuai nilai pasar wajar, dengan batas maksimal sebagaimana tercantum pada butir 9.2.1. Untuk mengajukan klaim, Pelanggan wajib melampirkan:(i) struk pembelian barang; dan (ii) bukti dokumentasi kondisi barang sebelum dan sesudah layanan. Tanpa bukti yang cukup, kompensasi tidak dapat diberikan dan OKHome dibebaskan dari segala tuntutan. Jika struk tidak tersedia, nilai kompensasi akan ditentukan berdasarkan riset pasar independen dengan mempertimbangkan depresiasi.
9.2. 6. OKHome akan menyampaikan keputusan mengenai bentuk dan jumlah kompensasi dalam waktu 3 (tiga) Hari Kerja sejak pengajuan komplain atau dalam waktu yang wajar setelah investigasi selesai. Kompensasi dapat dikurangi atau tidak diberikan apabila barang terbukti dalam kondisi usang atau telah rusak sebelum layanan dilakukan
10. Batasan Tanggung Jawab dan Layanan
10.1. Mitra yang menyediakan layanan merupakan Mitra Penyedia Jasa independen, bukan pegawai, perwakilan, atau agen OKHome, sehingga OKHome tidak bertanggung jawab secara langsung atas kualitas, tindakan pribadi, atau kelalaian Mitra sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan sebagaimana tercantum pada butir 9 S&K Layanan ini.
10.2. Seluruh layanan yang tersedia melalui Platform OKHome hanya mencakup pekerjaan standar yang dijelaskan dalam masing-masing deskripsi layanan.
10.3. Dalam penyediaan layanan Deep Cleaning, OKHome dan/atau Mitra berhak menolak memberikan layanan terhadap permintaan khusus yang:
10.3. 1. Memerlukan keahlian teknis, sertifikasi tertentu, atau alat khusus;
10.3. 2. Dianggap mengandung risiko tinggi, tidak lazim, atau tidak wajar berdasarkan penilaian internal OKHome termasuk namun tidak terbatas pada: (i) Pembersihan atau penanganan kolam renang, batu alam, lampu gantung, barang antik, garasi/carport, kandang peliharaan, elektronik kompleks, patung/rupang, keris, dan barang berharga lainnya; dan/atau (ii) Pembersihan kotoran kimiawi, korosif, biologis berbahaya, dan kotoran dari hewan peliharaan.
10.4. Dalam layanan ART Harian Mitra akan menyediakan layanan terbatas pada membersihkan kotoran yang terlihat pada bagian permukaan dari benda-benda bergerak yang berada di lokasi layanan. Tidak dapat membersihkan bagian atau sela-sela secara detail dan spesifik atas benda-benda (deep cleaning), serta tidak dapat membersihkan jamur.
10.5. Dalam hal Pelanggan memilih layanan tanpa alat pembersih dari OKHome, maka: (i) Pelanggan bertanggung jawab untuk menyediakan alat-alat kebersihan minimal yang sesuai dan berfungsi baik; (ii) OKHome tidak bertanggung jawab atas hasil layanan jika alat yang disediakan tidak memadai, tidak layak, atau menimbulkan risiko; dan/atau (iii) OKHome tidak menjamin kualitas kebersihan dari penggunaan alat yang disediakan oleh Pelanggan.
10.6. OKHome berhak menetapkan bahwa suatu layanan tidak dapat dilaksanakan dan dianggap dibatalkan oleh Pelanggan dengan ketentuan sebagaimana tercantum pada butir 8 S&K Layanan ini, apabila kondisi objek atau lokasi layanan tidak layak dan/atau bertentangan dengan standar operasional OKHome termasuk namun tidak terbatas pada objek layanan dipenuhi dengan kotoran binatang, kotoran manusia, terdapat limbah darah atau limbah infeksius lainnya, terdapat tumpukkan sampah di luar batas wajar, kondisi bangunan atau objek yang rapuh, beresiko membahayakan keselamatan untuk dijangkau dan kondisi-kondisi lain yang secara umum tidak memungkinkan untuk dilaksanakannya layanan.
10.7. OKHome tidak bertanggung jawab atas segala kerugian, kegagalan layanan, atau risiko lain yang timbul akibat: (i) Ketidaksesuaian informasi atau instruksi yang diberikan oleh Pelanggan; dan/atau (ii)Pelanggaran terhadap Kebijakan OKHome, S&K Umum, S&K Layanan dan/atau peraturan lain yang berlaku dalam penggunaan layanan
11. Pernyataan dan Jaminan
11.1. Pelanggan wajib memberikan informasi yang lengkap, akurat, dan benar terkait dengan lokasi, objek layanan, kondisi properti, serta kebutuhan spesifik lainnya sebagaimana diminta oleh OKHome melalui Platform atau customer service.
11.2. Pelanggan menyatakan dan menjamin menjamin bahwa informasi yang diberikan tidak menyesatkan, tidak dilebih-lebihkan, serta relevan dengan kebutuhan layanan yang diminta, termasuk namun tidak terbatas pada ukuran, jenis bangunan, jumlah unit (AC), instruksi tambahan, dan alat pembersih.
11.3. Pelanggan menyatakan dan menjamin bahwa objek layanan yang menjadi lokasi pelaksanaan layanan adalah tempat tinggal, tempat kerja, atau tempat usaha yang sah serta tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
11.4. Pelanggan menyatakan dan menjamin bahwa tidak ada aktivitas ilegal atau terlarang yang terjadi di dalam atau sekitar lokasi layanan.
11.5. Dalam melakukan pemesanan atas layanan Deep Cleaning dan/atau ART Harian, Pelanggan menyatakan dan menjamin bahwa objek layanan dihuni atau digunakan secara aktif dan tidak dalam keadaan kosong untuk periode lebih dari 3 (tiga) bulan, kecuali dalam hal Pelanggan secara khusus memilih layanan pembersihan pindahan atau layanan yang memang diperuntukkan bagi lokasi tidak berpenghuni.
11.6. Pelanggan bertanggung jawab memastikan akses masuk ke dalam lokasi layanan telah tersedia, termasuk memenuhi seluruh persyaratan administratif, izin keamanan, dan/atau parkir (terutama untuk lokasi rumah susun/apartemen).
11.7. Pelanggan tidak akan memberikan instruksi atau permintaan kepada Mitra yang: (i) melebihi kapasitas, keahlian, atau ruang lingkup layanan sebagaimana telah ditentukan dalam masing-masing layanan; (ii) dapat membahayakan keselamatan, kesehatan, atau integritas fisik Mitra, baik secara langsung maupun tidak langsung; (iii) dapat menyebabkan kerusakan dan/atau kehilangan atas alat, benda dan/atau barang Mitra (termasuk namun tidak terbatas pada kendaraan pribadi milik Mitra yang digunakan untuk memberikan layanan kepada Pelanggan; dan/atau (iv) bertentangan dengan prosedur kerja standar OKHome, atau tidak disetujui sebelumnya oleh pihak OKHome.
11.8. Dalam hal Pelanggan memilih layanan tanpa alat-alat pembersih yang disediakan oleh OKHome, maka Pelanggan menyatakan dan menjamin akan menyediakan alat-alat kebersihan atau perlengkapan yang memadai dan aman untuk digunakan oleh Mitra
11.9. Pelanggan mengerti dan setuju dalam hal Pelanggan terbukti melanggar satu atau lebih ketentuan dalam bagian pernyataan dan jaminan ini, maka OKHome berhak, tanpa kewajiban untuk memberikan pengembalian dana, untuk: (i) menolak atau menghentikan layanan baik sebagian maupun seluruhnya; (ii) membatalkan Pesanan yang telah dikonfirmasi; (iii) menahan atau membatasi penggunaan layanan OKHome di kemudian hari; (iv) menyesuaikan layanan atau biaya berdasarkan ketidaksesuaian yang ditemukan; dan/atau (v) mengambil tindakan hukum, jika pelanggaran mengakibatkan kerugian nyata, ancaman keselamatan, atau pelanggaran hukum. Pengembalian dana (jika ada) akan dilakukan sesuai dengan ketentuan sebagaimana tercantum pada butir 8 S&K Layanan ini.
Diperbaharui pada tanggal 14 Oktober 2025.
© OKHome.id